‘Enjoy Ramadhan’ Tiga Museum Jakarta

Memanfaatkan momen ramadhan, Unit Pengelola Museum Seni Rupa Jakarta menggelar acara Enjoy Ramadhan yang berlangsung selama lima hari (24-28 Juji) di Museum Tekstil Jakarta. Kegiatan yang digagas bersama tiga museum DKI Jakarta ini, yakni   Museum Tekstil, Museum Seni Rupa dan Keramik serta Museum Wayang, bertujuan untuk meningkatkan apresiasi masyarakat agar lebih mengenal dan mencintai museum sebagai pusat pelestarian dan edukasi nilai nilai budaya.

Tahun ini merupakan tahun kedua Enjoy Ramadhan dilaksakanan sebagai upaya mendekatkan diri kepada masyarakat umum, khususnya generasi muda dalam mengisi kegiatan di bulan Ramadhan melalui berbagai kegiatan menarik yang mengandung pendidikan dalam bentuk pameran, workshop, pentas seni dan lain-lain.

Enjoy ramadhan

Kepala UP Museum Seni Rupa Jakarta, Dyah Damayanti dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini merupakan upaya jemput bola untuk mendekatkan museum ke hati masyarakat serta dapat bermanfaat bagi segenap pihak.

Kegiatan diisi dengan berbagai pameran kain tenun dan workshop. Kain Tenun Pelekat Wastra dengan rama hias kotak kotak dikenal dengan nama pelekat yang berasal dari kata Pulicat –sebuah kota di pantai Coromandel India –yang merupakan asal dari wastra pada awal abad 17. Pulicat dikenal sebagai pusat pembuatan wastra yang diperdagangkan oleh para pedagang Portugis, Inggris dan Belanda atau dibarter dengan aneka rempah yang diperoleh dari pulau Banda.

Wastra pelekat ini kemudian jadi sangat populer di seluruh wilayah pesisir Asia Tenggara termasuk Indonesia dan digunakan sebagai sarung

Enjoy Ramadhan kali ini digelar dengan tema “Mengenal Budaya Nusantara lewat Pameran Workshop Tekstil”.

Share This: