Elemwe Muslim Konsisten Merancang Fashion Batik Etnik

Model busana muslim sudah tak asing lagi. Beda dengan dua dekade sebelumnya, kini mode busana muslim untuk kaum perempuan makin luas dan variatif. Gerai penyedia busana tersebut menyebar hingga ke kota-kota kecil. Bagi pelaku bisnis ini atmosfirnya sangat menjanjikan.

elemwe muslim

Kondisi ini makin menginspirasi desainner menggunakan hal-hal unik dan ciri khas daerah. Bahkan soal hasil rancangan tak lagi mengedepankan siapa perancangnya, terkenal atau belum. Konsumen lebih melihat hasilnya bila sesuai selera dan harga tak terlalu melangit karena tak dipengaruhi keterkenalan sang desainnernya.

Barangkali inilah yang juga dilakukan label fashion muslim lokal bernama ‘Elemwe’. Dari jam terbang belum terlalu tinggi menekuni bisnisnya, tetapi faktor karyanya memiliki keunikan dan khas, label busana muslim milik Lily Mariasari W yang mengangkat keindahan dan keragaman kain batik etnik ini cepat mendapat sambutan luas.

Label yang berdiri pada 14 November 2015 ini terus melangit tinggi dan hinggap di hati penggemarnya. Dia jeli mengangkat keindahan kain batik Betawi yang berkhas warna-warna terang. Terkesan elegan meski menggunakan material seperti kain tule, tafetta dan chifron menjadi pilihan, karena begitu nyaman bagi konsumennya.

Lily terus konsisten mengeksplorasi ragam desain yang fokus pada busana muslim sederhana, dan elegan, namun tetap modern dan feminim sesuai kepribadian muslimah Indonesia yang mengutamakan kecantikan dan keanggunan.

Kekuatan rancangannya memang bertema batik nusantara perpaduan antara batik dan warna-warna alam kekayaan tanah air. Kali itu ia menggelar batik Betawi. Menurutnya motifnya memiliki ciri berbeda dari batik khas daerah lain, yakni warna mencolok dan motifnya unik. “Batik Betawi memiliki khasanah yang berbeda dari daerah lain. Ada lima motif seperti ondel-ondel, nusa kelapa, Ciliwung, rasamala dan salakanegara,” jelas Lily dalam Trunk Show Elemwe di Hotel Grandhika, Jakarta Selatan, Rabu (16/3/2016).

Dalam ajang ini Lily berkolaborasi dengan pembatik Jakarta yang berada di Setu Babakan. Melalui goresan tangan mereka lahirlah beragam busana ready to wear. Harga koleksi Elemwe berkisar mulai dari harga Rp 300 ribu sesuai dengan kondisi bahan. Ada juga yang mencapai Rp 2 juta bahkan Rp 3 juta. Koleksi-koleksinya itu bisa didapatkan di FX Sudirman, juga di Cipinang baru. (Saw)

Share This: