Direktur Pengembangan Usaha Adi Trisnojuwono SAATNYA LPDB-KUMKM MEMBUKA KANTOR PELAYANAN DI DAERAH

Kabar baiknya adalah dana bergulir kembali bisa dinikmati oleh kalangan koperasi,usaha mikro kecil dan menengah. Sejak proses pencairan dana bergulir terhenti selama tiga bulan lantaran adanya kebijakan moratorium, banyak publik mempertanyakan apakah LPDB-KUMKM akan kembali beroperasi seperti sedia kala? Tapi pemerintah memang tak ingin berlama-lama membuat masyarakat bertanya-tanya dan menunggu dalam ketidakpastian. Terhitung Maret, dana bergulir untuk tahun 2015 mulai mengucur dengan plafond sebesar Rp 2,35 triliun.

adi s

Di balik kabar baik itu, kami masih tetap harap-harap cemas dengan kesiapan lembaga ini dalam memenuhi harapan para pelaku KUMKM. Pasalnya, di tengah permintaan pinjaman pembiayaan yang kian meningkat itu, sarana dan prasarana LPDB-KUMKM justru masih tetap minim. Hingga kini kantor LPDB-KUMKM hanya berpusat di Ibukota negara dengan karyawan sekitar 250 orang. Sementara jumlah KUMKM yang mesti dilayani tersebar di seluruh provinsi di tanah air.

Jika mencermati kebijakan pemerintahan baru yang sangat berkomitmen terhadap pemberdayaan KUMKM, maka sepatutnya diiringi dengan kesiapan sarana dan prasarana yang mendukung kebijakan tersebut. Terlebih dengan tantangan global yang bakal menjelang di tahun 2015 ini, yaitu era Masyarakat Ekonomi Asean, maka tak pelak lagi KUMKM perlu disiapkan agar mampu berdaya saing di tingkat regional tersebut. Persaingan pasar yang bakal panas di MEA nanti tentu di sektor pelaku UKM di mana hanya mereka yang kreatif dan inovatif saja yang akan menguasai pasar.

Share This:

Next Post

Direktur Umum dan Hukum Ir Sutowo MM KERJA SAMA LEMBAGA HUKUM AGAR TINGKAT KREDIT BERMASALAH BISA DITEKAN

Jum Agu 7 , 2015
Hanya tiga bulan sejak kucuran dana bergulir berhenti sementara, permintaannya terus melonjak. Ribuan proposal pengajuan pinjaman pembiayaan yang ditujukan ke badan layanan umum ini terus berdatangan. Sementara, hingga juli lalu, jumlah dana bergulir yang sudah mengucur mencapai Rp 700 miliar atau sekitar 34% dari pagu pembiayaan sebesar Rp 2,35 triliun […]