Direktur Keuangan LPDB-KUMKM Fitri Rinaldi AGAR PENYALURAN DANA BERGULIR TEPAT SASARAN LPDB BUTUH KERJA SAMA DENGAN APARAT PEMBINA KUMKM DI TINGKAT DAERAH.

Tugas LPDB adalah menyalurkan dana ke koperasi dan UKM yang tidak layak bank tapi layak usaha. Jika aspek layak usaha itu tidak terpenuhi tentu saja tidak bisa mengakses LPDB. Tapi tidak jarang aparat pembina koperasi di daerah menyorongkan sejumlah nama koperasi yang kinerjanya justru tidak layak usaha, dan ketika kami tolak dianggap tugas LPDB dituding tidak maksimal.

Fitri copy

Jika kita ingin melihat koperasi tumbuh besar, mestinya pemeritnah daerah kabupaten dan kota itu melakukan pembinaan yang konsisten. Kalau perlu berikan reward dan punishment kepada koperasi yang berprestasi baik. Mereka yang berkinerja baik itulah yang disorongkan ke LPDB. Kami kan tidak bisa asal mengucurkan dana begitu saja ke KUMKM di daerah, nih masing-masing 100 juta rupiah, ya nggak bisa begitu. Selain dana terbatas langkah itu jelas tidak mendidik   Nah jika kita bisa berbagi tugas di mana aparat di daerah melakukan pembinaan terhadap aspek kelayakan usaha dan LPDB menyiapkan permodalan, tentunya usaha koperasi bisa tumbuh signifikan.

Share This: