Diperpanjang Sampai Desember 2020, Kuota Penerima Panpres Ditambah 3 Juta

JAKARTA—Kementerian Koperasi (Kemenkop) dan UKM merilis, masa bantuan penerima program Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM) diperpanjang hingga Desember 2020 dan jumlah penerimanya ditambah sebanyak tiga juta.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki  kebijakan itu agar lebih banyak UMKM yang dapat bertahan di masa pandemi, sekaligus sebagai bentuk perhatian pemerintah.

“Kami berharap program hibah ini menambah modal kerja pelaku usaha sehingga dapat bertahan di tengah pandemi Covid-19,” kata Teten di Jakarta, Sabtu (10/10/20).

Lanut Teten, bantuan tersebut mencakup yang masih unbankable. Artinya, belum mendapatkan pinjaman atau bantuan dari lembaga perbankan maupun untuk UMKM yang sudah bankable.

“Bagi UMKM yang belum mendapatkan Banpres Produktif, pelaku usaha bisa mendaftarkan diri ke Dinas Koperasi dan UKM setempat serta lembaga pengusul lainnya,” tambahnya.

Menteri mengungkapkan, pelaku UMK diberikan akses untuk memperoleh kredit usaha rakyat (KUR) ultra mikro di bawah Rp10 juta dengan bunga 0 persen hingga  Desember 2020.

“Pemerintah juga memfasilitasi pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) yang unbankable untuk menjadi bankable,” tutup dia.


Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *