Di Jalur Promosi Kreatif

Selalu ada cara baru untuk menawarkan barang dan jasa, jika mau. Syaratnya, jangan pernah lelah mencari. Berpikir keras dan menyimak berbagai pergeseran orientasi di tengah masyarakat.

 

PENJUALAN merupakan salah satu elemen terpenting dalam sebuah bisnis. Penjualan yang bagus juga didukung oleh pemasaran/promosi yang efektif. Berikut ini ada beberapa tips pemasaran/promosi kreatif.

  1. Bikin produk edisi khusus dan terbatas. Bikin sebuah produk eksklusif berkualitas tinggi (jangan seadanya) dengan harga premium.Anda pun memproduksinyadalam jumlah sangat terbatas (misalnya hanya 20 potong). Jika anda sudah punya pelanggan setia, mereka tidak akan keberatan untuk membeli produk eksklusif tersebut. Andai produk itu habis dalam waktu singkat, ulangi strategi itu—setelah rentang waktu agak lama. Cara ini sekaligus mendongkrak citra bisnis anda ke level lebih elite.
  2. Promosi berdasarkan umur. Jika anda ingin memberikan potongan harga atau diskon pada produk anda. Terapkan diskon sesuai dengan usia pelanggan pada saat mereka membelinya. Seperti dilakukan brand lokal Sour Sally yang menjual frozen yoghurt. Ceritanya, dua hari sebelum Sour Sally merayakan ulang tahunnya, direktur pemasaran mengirim sebuah SMS ke lima nomor ponsel pelanggan di empat kota besar dan satu kali tweet melalui Twitter. Isinya informasi tentang diskon sesuai dengan umur pelanggan. Hasilnya?Pada hari ‘H’, terjadi antre pajang yang heboh di semua outlet Sour Sally.
  3. Brosur dengan daya tarik unik. Buatlah brosur anda tersebut seunik mungkin, yang memaksa orang untuk membacanya sampai selesai. Contoh, sebuah bisnis cukur rambut di Amerika yang hampir bangkrut. Namanya 7th South of Hair. Mereka merancang program marketing yang unik. Yaitu dengan mencari gambar orang terkenal yang ditampilkan dengan potongan rambut acak-acakan. Misalnya, foto Albert Einstein.Poster tokoh hebat itu disisipisebuah slogan ‘jahil’: “Potongan rambut seperti ini akan membuat orang yang pintar pun menjadi kelihatan bodoh.”
  4. Mendatangkan kerumunan orang dengan cepat Intinya, menghadirkan orang ke tempat anda dengan cepat agar dapat anda menginformasikan tentang penawaran bisnis anda. Contohnya, coba anda buat sebuah acara makan skala kecil. Undang tetangga sekitar yang lewat, atau kalau perlu telepon mereka agar datang dan menikmati ‘pesta’ kecil anda. Sambil ngobrol-ngobrol ringan, sampaikan informasi tentang bisnis anda. Cara ini dilakukanoleh sebuah bank di Seattle, Washington. Mereka selalu mengadakan pesta barbekyu setiap hari Jumat sore. Sang manajer bank itu sendiri yang memasak hotdog dan hamburger.
  5. Menjual produk sampingan yang lagi ‘hot’. Jual produk lain yang lagi tren saat itu dan digandrungi orang dewasa dan anak–anak, tetapi tidak berhubungan dengan produk/jasa yang anda jual. Jika bisnis anda bunga, coba anda jual mainan boneka dari tokoh terkenal seperti Mickey Mouse, Winnie the Pooh, Angry Birds dan sebagainya. Pasang iklan kecil di koran.Sebutkan bahwa toko anda menjual barang tersebut pada hari Kamis mulai jam 8:00. Atau anda bisa juga umumkan di sebuah spanduk dengan info yang sama, gantungkan di depan toko anda. Rumusnya, anda harus tahu persis produk-produk yang sedang tren pada saat itu, dan pintar-pintar anda bisa memanfaatkannya.●(Nay)

Share This: