Dari Sopir Jadi Pengusaha Jasa Wisata

Risky Arif-Foto: Dokumentasi Pribadi.

YOGYAKARTA—-Awalnya  Risky Arif seorang sopir mobil rental di Yogyakarta sekitar 2012 hingga 2013.   Penguasaan atas semua destinasi wisata yang ada di Provinsi  DI Yogyakarta bahkan sampai Jawa Tengah  memberikannya menjadi modal kedua usahanya.

Pada  2014  modal patungan dari keluarganya terkumpul Rp30 juta untuk uang muka sebuah sedan dan  dilunasi dengan  cara dicicil.  Usahanya diberi nama  Annur Trans, yang diambil dari nama anak pertama pria kelahiran 1980 ini.

“Kami menawarkan jasa rental mobil  dengan sopir ke tempat wisata yang diinginkan wisatawan,  dengan harga Rp500 ribu  untuk sehari semalam.  Harga itu  kompetitif karena rental lain di Yogyakarta biaya sewa sebesar itu hanya untuk  12  jam,” ujar Risky kepada Peluang, Senin (11/2/2019).

Kini usahanya berkembang, bukan saja sudah  melunasi kendaraan yang pertama, tetapi  juga membeli  mobil  lainnya.  Hingga kini  Annur Trans sudah memiliki empat mobil milik sendiri, serta dua mobil titipan keluarga dan dua mobil milik temannya.  Kepada yang membantu, Risky menerapkan bagi hasil dan dia   menjalankan manajemennya.

“Kalau ditanya omzet, bisnis seperti ini tak tentu. Tetapi pada peak season liburan kami bisa mendapat Rp20 juta, yaitu ketika Hari Raya Idul Fitri maupun Idul Adha, hingga Natal dan Tahun Baru,”  ungkap alumnus  Fakultas Pertanian UPN Yogyakarta ini ,  seraya  mengatakan sudah memperkerjakan tujuh sopir  dan tiga karyawan lainnya untuk mencuci  mobil.

Risky kini  memperluas usahanya dengan  membuka Annur Hijab yang kemudian dikelola oleh  Sang Istri. Jilbabnya merupakan rancangan sendiri dan dibandroll dengan harga mulai dari Rp30 ribu hingga Rp95 ribu . Dalam sehari terjual 100 helai.

Salah satu armada Annur Travel-Fptp: Dokumentasi Pribadi.

“Alhamdullilah, bisnis kedua ini sudah bisa memperkerjakan lima orang penjahit,” pungkas Risky, yang juga sedang merintis usaha panganan jamur (Irvan Sjafari).

 

 

 

Share This:

You may also like...