Danau Gunung Tujuh, Tertinggi di Asia Tenggara

Terletak dua kilometer di atas permukaan laut, dikelilingi tujuh gunung, inilah danau kaldera tertinggi di Asia Tenggara. Seperti Danau Toba dan Danau Segara Anak, Danau Gunung Tujuh di Jambi ini terbentuk karena letusan gunung api, ratusan tahun silam.

 danau7gunung

Namanya Danau Gunung Tujuh. Terletak di Kabupaten Kerinci, Jambi. tepatnya di Desa Pelompek, Kecamatan Ayu Aro. Danau ini berada di kawasan Gunung Tujuh, tepat di belakang Gunung Kerinci, di dalam wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. Bagi pendaki, Gunung Kerinci menjadi salah satu tujuan favorit karena kedudukannya sebagai gunung aktif tertinggi di Indonesia(3.805 mdpl).

Bisa dibayangkan betapa dinginnya air Danau Gunung Tujuh seluas 960 hektaredi ketinggian1.950 meter dplitudi pagi hari. Meskipun begitu, berendam di kedinginan danau tertinggi di Asia Tenggara itumenjadi tantangan sendiri bagi para pendaki. Dikelilingi tujuh buah gunung menjadikan debit air danau sekira12.000 m² itu tidak pernah berkurang. Danau kaldera tertinggi di Asia Tenggara ini adalah danau vulkanik nan menawan ini tercipta karena proses letusan Gunung Tujuh di Kabupaten Kerinci.

Sesuai namanya, danau denganpanjang 4,5 km danlebar 3 km ini dikelilingi oleh tujuh gunung, yaitu Gunung Hulu Tebo (2.525), Gunung Hulu Sangir (2.330), Gunung Madura Besi (2.418), Gunung Lumut(2.350), Gunung Selasih (2.230), Gunung Jar Panggang (2.469), dan Gunung Tujuh itu sendiri (2.735). Danau ini terjadi karena letusan gunung tersebut pada ratusan tahun yang lalu,sekaligusmerupakan sumber mata air Sungai Batang Sangir dan Air Terjun Telun Berasap.

Sebagai kaldera, Danau ini memiliki kondisi alam yang masih alami, karena belum banyak wisatawan yang datang ke tempat wisata di Pulau Sumatera ini. Di sekitar danau, terdapat beberapa tempat dengan hamparan pasir layaknya berada di pantai. Tempat tersebut, biasanya digunakan oleh wisatawan untuk mendirikan tenda dan bermalam di danau ini. Mereka sengaja bermalam di tempat tesebut. karena ingin melihat pesona matahari terbit di Danau Gunung Tujuh.

Sebagaimana galibnya mitos yang tumbuh di berbagai kelompok masyarakat di Tanah Air, danau ini juga punya kisah yang diceritakan turun-temurun. Konon, di sana terdapat dua makhluk halus yang menjaga danau tersebut yaitu Lbei Sakti dan Saleh Sri Menanti, dengan pengikutnya yang berwujud harimau. Penuturan lain menceritakan bahwa danau ini dihuni sepasang naga. Naga jantan menghuni danau dan naga betina menghuni hulu sungainya.

Potensi bagus sebagai destinasi wisata Jambi ini dari segi pengembangan memang belum tergarap. Tanpa ketersediaan insfrastruktur dasar yang memadai, pihak swasta sulit diharapkan mengambil inisiatif untuk berinvestasi dalam bisnis pendukung pariwisata. Terlebih dengan lokasinya yang terpencil dan jauh, berbatasan dengan Sumatera Barat. Satuhal yang pasti,berbagaikonfigurasi di alamisepanjangjalur kea rah sanadan panorama di sekitar Danau Gunung Tujuh sungguh menjanjikan.

Dari segikeelokan, apa yang dimiliki Danau Gunung Tujuh tak kalah dibanding DanauToba (Sumatera Utara), Danau Sentani, Danau Paniai (Papua), Danau Tondano (Sulawesi Utara), DanauMatau (Sulawesi Selatan), Danau Maninjau, Danau Singkarak (Sumatera Barat), Danau Lut Tawar (Aceh Nanggroe Darussalam), Danau Rawa Pening (Jawa Tengah), Danau Ranu Kumbolo (JawaTimur), Danau Segara Anak (Nusa Tenggara Barat), Poso (Sulawesi Tengah), Danau Bratan, Danau Batur (Bali).

Bicara keunikan, dia tak seindah Danau Labuan Satonda di tengah Pulau Satonda; atau Danau Dompu, NTB, yang kadar garam air danau ini lebih tinggi daripada kadar garam air laut; atau Danau Merah di sekitar perbukitan Raje Mandare, perbatasan Kota Pagaralam dengan Kaur, Provinsi Bengkulu, yang permukaan air berwarna merah seperti darah; atau Danau aneka warna Kelimutu di puncak Taman Nasional Kelimutu,Pulau Flores, NTT. (lihatPeluangedisi November 2015); atau Danau Cermin di Desa Biduk – Biduk, Kab Berau, Kaltim, campuran antara air tawar di permukaan dan air asin di dasardanau.

Sekadar ilustrasi, di seantero dunia terdapat beberapa danau terindah. Sebut saja Danau Plivitce, di Kroasia, yang terdiri dari danau kecil yang sebenarnya masih jadi satu dengan danau yang besar. Danau pun juga terhubung langsung dengan air terjun. DanauYucatan, di Meksiko, yang dikelilingi oleh gua-gua yang terbuat dari batu kapur. Danau Baikal, di Rusia,yang membeku pada musim semi dan perlahan mencair saat musim panas tiba.DanauReed Flute, di Cina, memiliki gua-gua kapur yang memancarkan cahaya.

Danau Peyto, yang warna airnya berubah warna sesuai dengan musim. Danau Pink, di Australia, yang seperti susu strawberry yang tumpah dilihat dari atas. Danau ini bisa berwarna pink karena ada ganggang yang di dalam danau. Danau Malawi, di Afrika yang memiliki sangat banyak spesies ikan. Danau Melissani, di Yunani,yang dikelilingi goa-goa dengan hutannya masih asri alami. Dua danau cantik lainnya adalah Danau Tekapo, di Selandia Baru, dan Danau Tahoe, di Amerika. (Dody M.)

Share This: