BVR Simbol Kesuksesan Koperasi der Panzer

BVR yang didirikan pada 1970 merupakan koperasi terbesar keempat di dunia. Asosiasi Bank koperasi ini memiliki anggota lebih dari 18 juta orang dan menaungi hampir seribu bank koperasi lokal.

Asosiasi Bank koperasi di Jerman yang terwadahi dalam Bundesverband der Deutschen Volksbanken und Raiffeisenbanken (BVR) merupakan entitas bisnis terbesar.  BVR memiliki jaringan layanan di seluruh Eropa, terdiri dari 915 lembaga dan 11.108 cabang. Beberapa bank koperasi yang dinaungi antara lain PSD bank, Sparda bank, dan bank gereja. Fokus usaha BVR adalah menyalurkan pembiayaan pada sektor UMKM dan pemberdayaan masyarakat komunitas.

Kepercayaan masyarakat Jerman terhadap BVR juga tinggi yang ditunjukkan dengan jumlah anggota yang lebih dari 18 juta anggota.  Jumlah ini meningkat pesat dari sejak pertama didirikan pada 1970 dengan jumlah anggota 6,2 juta anggota. Tingkat kepercayaan yang tinggi itu tidak lepas dari layanan yang diberikan kepada anggota seperti penyediaan jaringan ATM yang mencapai 18 ribuan untuk memudahkan transaksi.  Selain dipercaya oleh masyarakat, BVR juga mampu menyediakan lapangan pekerjaan bagi  146.500 tenaga kerja.

Pertambahan jumlah anggota setiap tahun berkorelasi dengan kinerja  yang terus menanjak. Pada akhir 2017, jumlah tabungan di BVR sebesar 662,45 miliar euro, naik 4% dibanding 2016 yang sebesar 637,18 miliar euro. Sementara pembiayaan yang disalurkan sebesar 558,33 miliar euro, meningkat 6% dibanding tahun. Laba bersih yang dbukukan sebesar 1,6 miliar euro. Selain kinerja yang menanjak, BVR pun telah menyediakan lapangan pekerjaan bagi 146.500 masyarakat Jerman.

Dengan perputaran usaha yang besar tersebut, ICA menempatkan BVR sebagai koperasi terbesar keempat dunia setelah Credit Agricole, Kaiser Permanente, dan State Farm.

Share This:

Next Post

Koperasi Agribisnis Terbesar Negeri Paman Sam

Sen Jul 9 , 2018
CHS berperan besar dalam menopang kedaulatan pangan dan energi di Amerika Serikat. Sampai pertengahan tahun ini, laba bersihnya sebesar 347 juta dollar AS. Di Amerika Serikat  yang sering dijuluki sebagai mbahe kapitalis, koperasi bisa bersanding dengan korporasi. Bahkan kinerjanya terus tumbuh dan dipercaya sebagai institusi yang mampu menyejahterakan anggota dan […]