Bukopin Hadirkan Swamitra Wajah Baru

Direktur UMKM Bank Bukopin Heri Purwanto (tengah)-Foto: Drajat

PURWOKERTO—Bertepatan dengan peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke 72 Tahun 2019, Bank Bukopin Tbk melakukan revitalisasi model bisnis Swamitra, kemitraan antara Bukopin dan Koperasi.

Direktur UMKM Bank Bukopin Heri Purwanto mengatakan, revitalisasi bisnis Swamitra ditujukan untuk memperkuat bisnis ritel dan memberdayakan pelaku usaha mikro.

“Revitalisasi Swamitra dilalukan agar penyaluran kredit lebih tepat sasaran dan menyentuh ekonomi kerakyatan,” kata Heri.

Dalam model bisnis Swamitra baru ini, nantinya peran Koperasi adalah sebagai penyalur dana dan penagihan (collection). Sedangkan analisa kredit dan pengambilan keputusan persetujuan kredit dilakukan oleh pihak Bank Bukopin.

Calon debitur yang dibidik “Swamitra Reborn” ini adalah pelaku usaha ultra mikro seperti pedagang kecil. Syaratnya pun cukup mudah antara lain anggota koperasi dan usahanya menetap (tidak berpindah-pindah).

“Calon debitur yang disasar adalah yang unbankable tapi visibel,” kata Heri.

Sampai akhir tahun, Bank Bukopin membidik 100 mitra koperasi dalam swamitra baru ini.

“Bank Bukopin tetap berkomitmen memajukan ekonomi kerakyatan melalui kemitraan dengan koperasi dalam wadah Swamitra,” pungkasnya (Drajat).

Share This:

You may also like...