Buka Expo Otonomi Daerah 2019, Wiranto Sampaikan Pesan Presiden agar Daerah Berinovasi dan Berkolaborasi

Pembukaan Expo Otonomi Daerah 2019-Foto: BUMN Track.

JAKARTA—–Menteri Koordinator Politik Hukum dan Petahanan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto membuka resmi Expo Otonomi Daerah 2019 yang digelar Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia, Rabu (3/7).  Acara ini digelar hdi JHHC, hingga 5 Juli mendatang.

Dalam sambutannya Wiranto menyampaikan pesan Presiden Joko Widodo agar masing-masing pemerintah daerah menciptakan inovasi dan saling berlomba.  Dalam ajang Expo ini masing-masing menunjukan inovasinya.

“Lewat ajang itu kabupaten bisa memberikan inspirasi kepada daerah lain. Presiden juga meminta daerah bisa berkolaborasi dengan daerah lain untuk meningkatkan pembangunannya,” ucap Wiranto.

Apalagi latar belakang otonomi daerah itu ada dua, yaitu pelayanan dan pembangunan sesuai dengan karakter derahnya dan masing-masing daerah berlomba dalam kebaikan.

“Presiden juga mengingatkan Pemeirntah Daerah untuk mengamati pekembangan teknologi yang luar biasa. Saat ini artificial inteligence mempengaruhi kehidupan manusia,” kata Wiranto.

Untuk itu inovasi diharapkan mengikuti perkembangan zaman. Presiden sangat senang kalau teknologi digunakan mendorong pertumbuhan di daerah. 

“Pameran tidak hanya cukup lewat Expo, tetapi juga di dunia maya. Jadi tolong, untuk terus berinovasi, saling menginspirasi dan saling berkolaborasi,” ujar Wiranto.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Umum Apkasi Mardani H Maming mengatakan, Otonomi Expo 2019 bertujuan untuk mempromosikan komoditas unggulan daerah. Lewat ajang dengan tema ‘Kemitraan Bisnis Untuk Meningkatkan Ekonomi Lokal Berkelanjutan’  para investor dapat melihat  peluang investasi di setiap daerah.

“Apkasi Otonomi Expo akan berdampak positif bagi percepatan pertumbuhan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja di setiap daerah Indonesia,” cetus Mardani (Irvan Sjafari).

Share This:

You may also like...