BPS Nyatakan Konsumen Optmis dengan Kondisi Ekonomi Triwulan II 2019

Suhariyanto-Foto: Suara.com

JAKARTA-—Badan Pusat Statistik menyatakan Indeks Tendensi Konsumen (ITK) pada triwulan kedua 2019 melonjak menjadi 125, 68 dibandingkan triwulan pertama sebesar 104, 35. Hal ini menggambarkan kondisi ekonomi dan konsumen meningkat.

Menurut Kepala BPS Suhariyanto, meningkatnya kondisi konsumen pada triwulan II 2019 didorong meningkatnya pendapatan rumah tangga dengan nilai indeks sebesar 130, 97 dan meningkatnya volume konsumsi dengan nilai indeks 129,65.

“Kenaikan ITK didorong sepanjang triwulan II 2019 terdapat sejumlah momentum khusus seperti libur panjang dan Hari Raya Idul Fitri. Selian itu inflasi tidak berpengaruh terhadap tingkat konsumsi rumah tangga,”  terang Suhariyanto dalam jumpa pers di kantornya, Senin (5/8/19).

Meskipun demikian Suhariyanto memproyeksi kondisi ekonomi konsumen pada triwulan ke III ceenderung stagnan. Dia memperkirakan nilai ITK pada triwulan ketiga sebesar 100, 03.

Perkiraan kondisi ekonomi konsumen tersebut disebabkan perkiraan terus tumbuhnya komponen pendapatan rumah tangga, dengan nilai indeks 101, 61.

“Sementara komponen rencana pembelian barang tahan lama, melakukan rekreasi dan melaksanakan pesta atau hajatan mengalami penurunan, dengan nilai idneks 97,26,” tutup Suhariyanto (van).

Share This:

You may also like...