BJ Habibie Wafat, Presiden Jokowi Sampaikan Duka Cita

Ilustrasi-FotoL Kumparan.

JAKARTA-—Presiden Ketiga Republik Indonesia BJ Habibie meninggal dunia pada pukul 18.03, Rabu (11/9/19). Ia meninggal  pada usia 83 tahun setelah sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto (RSPAD), Jalan Abdul Rachman Saleh, Senen, Jakarta Pusat.

Bismillahirohmanirohim saudara-saudara sekalian atas nama yang maha besar kami harus dengan sangat berat mengucapkan bahwa ayah saya BJ habibie presiden ke 3 telah meninggal dunia jam 18.03,” ujar Putra bungsu Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie, Thareq Kemal Habibie.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadir di RSPAD bersama Ibu Negara Iriana Jokowi dan didampingi putranya, Gibran Rakabuming Raka. Presiden menyampaikan, atas nama seluruh rakyat Indonesia dan pemerintah, rasa duka citanya yang mendalam atas kepergian Habibie.

“Kita mengenal Bapak Habibie sebagai seorang ilmuwan kelas dunia, dan bapak teknologi Indonesia, serta beliau adalah Presiden RI yang ketiga. Beliau berpulang ke Rahmatullah dalam usia 83 tahun. Dan nantinya dari RSPAD Gatot Subroto akan dibawa ke rumah duka beliau di Kuningan,” kata Jokowi, Rabu (11/9/19).

Presiden tiba di RSAPD Gatot Subroto hanya lima menit setelah meninggalnya Presiden ketiga RI tersebut. Jokowi menilai Habibie merupakan negarawan yang patut dijadikan contoh dan teladan bagi masyarakat Indonesia. 

Jenazah Habibie kemudian akan dibawa ke kediamannya di kawasan Patra Kuningan, Jakarta. Rencananya besok Habibie akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta.

Sementara Menteri Sekretaris Negara Pratikno, di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta menyatakan pemerintah  menetapkan berkabung nasional selama tiga hari, terhitung Rabu (11/9/19).

Share This:

You may also like...