Bilashin, Inovasi Pembersih dari Fajar Febriyanto

Fajar Febriyanto-Foto: Dokumentasi Pribadi.

JAKARTA—-Perhelatan Pekan Raya Koperasi yang berlangsung sejak 6 hingga September di areal Veldroome, Rawamangun  lalu didominasi oleh UKM kuliner.  Namun  ada sebuah gerai yang mencuri perhatian, yaitu yang menawarkan produk pembersih  yang bertajuk Balishin.

Menurut pembuatnya Fajar Febriyanto, produk yang dibuatnya formula baru dari bahan nabati dan ramah lingkungan.  Dengan brand Bilashin, Fajar membuat tiga pembersih, yang satu untuk mencuci piring berwarna hijau,  yang biru untuk mencuci pakaian dan yang merah untuk pelembut atau softener.

“Perlu upaya keras bagaimana membuat formula untuk menghilangkan tinta pada pakaian, itu yang paling sulit. Tetapi Akhirnya berhasil juga. Saya mulai usaha awal 2019, tetapi mengurus izinnya sejak 2018,” ujar alumni Universitas Gunadarma ini kepada Peluang, Jumat lalu.  

Menurut pria kelahiran 1974 ini modal awal yang digunakan untuk mmebuat produk ini sekitar Rp14 juta. Proudk dipasarkan melalui jaringan 212 Mart dan jugapProgram Pengembangan Kewirausahaan Terpadu dari Pemprov DKI Jakarta dan bergabung dengan Koperasi Wirausaha Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara.

“Secara offline memang peminat belum banyak. Omzet tertinggi yang kami raih baru mencapai Rp5 juta per bulan. Lewat kegiatan seperti ini kami mengharapkan produk kami dikenal hingga bersaing dengan produk branded,” papar Fajar.

Produknya juga diminati dari luar Jakarta, walau hanya satu kali lewat daring (online). Mereka datang dari Bogor, Bekasi, Tangerang hingga Bandung. Selain itu produknya diminati oleh salah seorang staf dari WWF yang rutin order.

“Ke depannya, kami meluaskan pasar, Ada permintaan dari hotel bintang 3 atau 4 di Karawang tetapi masih belum direalisasi karena terkendala izin Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga dari Depkes,” tutup Fajar. (Irvan Sjafari)

Share This:

You may also like...