Bidik 200 Kantor Cabang di Seluruh Indonesia

Pada Juni 2019, akan dibuka 9 kantor cabang baru yang tersebar di berbagai wilayah. Penambahan jaringan kantor layanan diikuti dengan peningkatan kompetensi karyawan dan kinerja finansial yang semakin bertumbuh.

RENCANA besar tengah disiapkan KSP Makmur Mandiri (KMM) dalam empat tahun mendatang untuk menjadi koperasi terbesar dan tersebar di seluruh Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, Koperasi yang dipimpin Tumbur Naibaho ini menargetkan penambahan jumlah kantor cabang menjadi 200 kantor dari saat ini 118 kantor cabang. Artinya, rata-rata setiap tahun nanti akan ada penambahan 20 kantor cabang baru.

Tumbur Naibaho mengatakan, penambahan jumlah kantor secara signifikan bertujuan untuk menggenjot jumlah anggota dan semakin meningkatkan kualitas layanan. “Penambahan kantor bertujuan untuk semakin meningkatkan kualitas layanan kepada anggota, calon anggota dan masyarakat,” ujar Tumbur disela-sela rapat yang digelar bersama para manajer cabang di Kabupaten Samosir, di Kantor Cabang KMM Samosir 1, Onan Baru Pangururan, beberapa waktu lalu.

Pada tahap pertama, di Juni mendatang Koperasi yang berkantor pusat di Bekasi Jawa Barat ini akan membuka 9 kantor cabang baru. Kesembilan kantor baru yang akan dibuka tersebut yakni Kantor Cabang Pematang Raya (Simalungun), Sumbul (Dairi), Limbong (Sianjur Mulamula – Samosir 7), Porsea (Tobasa), Padang Sidempuan, Pekanbaru Kota, Bagan batu (Riau), Bitung (Kota Tangerang), dan  Pontianak (Kalimantan Barat).

Dengan jumlah kantor layanan yang ada di seluruh Indonesia, membuktikan KMM sebagai koperasi yang semakin dipercaya oleh anggota dan masyarakat. Selain itu, anggota semakin mudah mengakses layanan simpan pinjam di koperasi.

Sejalan dengan penambahan jaringan kantor, infrastruktur teknologi digital pun terus ditingkatkan. Hal itu untuk semakin meningkatkan efisiensi dan daya saing Koperasi serta meningkatkan kenyamanan anggota dalam bertransaksi.

Tumbur menambahkan, KMM juga membidik aset sebesar Rp1 triliun dan 120 ribu orang anggota serta 2.000 karyawan. Untuk mewujudkan harapan tersebut, ia mengharapkan dukungan dari seluruh anggota dan masyarakat. “Kita tahu kekuatan suatu koperasi tergantung banyaknya dukungan dari anggota, semakin didukung anggota maka semakin sehat koperasi,” ujarnya.

KMM juga terus memotivasi para karyawannya untuk bekerja dengan jujur, ramah, senyum dan bersahabat. Ini penting agar anggota dapat merasa nyaman dan percaya dengan koperasi. Untuk menjaga kualitas layanan prima dari karyawan, KMM secara konsisten mengadakan pelatihan kepada karyawan.

Peningkatan kompetensi karyawan KMM salah satunya dilakukan melalui kegiatan pelatihan. Belum lama ini sebanyak 12 orang manajer dan calon manajer dari 6 kantor cabang KMM di Kabupaten Samosir mengikuti pelatihan  yang digelar oleh Disnaker Koperindag di Hotel JTS Parbaba. Kegiatan yang pesertanya yang terdiri dari pengurus dan pelaku koperasi dan UMKM ini dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Samosir, Jabiat Sagala.

Balai Latihan Koperasi dan UKM Kabupaten Samosir menilai pelatihan bagi pengurus dan anggota koperasi ini merupakan salah satu strategi dalam memajukan koperasi. Terlebih di tengah era persaingan saat ini, koperasi harus mampu bersinergi baik secara internal dalam manajemen koperasi, maupun antar satu koperasi dengan koperasi yang lain, serta dengan berbagai pihak terkait lainnya.

TAMBAH 12 CABANG DI SAMOSIR

Rencana penambahan kantor cabang baru khususnya di Limbong, Sianjur Mulamula, menjadikan kantor cabang KMM di Samosir berjumlah 7 kantor. Yakni Samosir 1 di Kota Pangururan, Samosir 2 di Saitnihuta, Samosir 3 di Tomok, Samosir 4 di Parbaba, Samosir 5 di Mogang Kecamatan Palipi dan Samosir 6 di Kecamatan Nainggolan.

KMM menargetkan 12 kantor cabang di Samosir yang menjangkau 9 kecamatan di Kabupaten Samosir. “Kedepannya, kita rencanakan akan buka di Tele- Kecamatan  Harian, Onan Runggu,  Ambarita- Simanindo, Ronggur Nihuta dan Sitiotio,” ujar Tumbur.

Putra Desa Tanjung Bunga itu berharap kehadiran kantor cabang baru KMM di Kabupaten Samosir dengan beragam produk simpanan dan pinjaman yang dimiliki bisa turut serta meningkatkan taraf hidup anggota dan masyarakat Samosir.

Rencana penambahan jaringan kantor cabang merupakan bukti dari kesungguhan KMM untuk menjadikan koperasi sebagai lembaga ekonomi yang meningkatkan kesejahteraan anggota. Dengan semakin banyaknya kantor layanan diharapkan Koperasi akan semakin dipercaya dan kualitas layanannnya terus meningkat.  (Kur)

Share This:

You may also like...