Berjaya di Rumput Laut

arman-arfah

“Jika ke Makassar jangan  lupa singgah ke café seaweed, nikmati Mie rumput laut, otak-otak atau roti  dan aneka hidangan lainnya serba rumput laut.” Ajakan bernada promosi itu terlontar dari Arman Arfah pengusaha yang konsisten menekuni  budi daya rumput laut.  Pria kelahiran Watampone 19 Maret 1965 ini  berkecimpung dalam pengembangan rumput laut sejak tahun 1999 saat mendirikan Koperasi Serikat Pekerja Merdeka (Kospermindo). Kala itu, budi daya rumput laut belum banyak dilirik, padahal potensi biota laut ini  sangat  menjanjikan dan  merupakan komoditas ekspor  yang diminati banyak negara.  Untuk mengembangkan usahanya, Arman memilih badan usaha koperasi.Alasannya, dengan berkoperasi dapat melibatkan partisipasi banyak pihak karena anggota adalah pemilik sekaligus pengguna jasa usaha koperasi. “Saya ajak para petani rumput laut  berkoperasi, ini rumah usaha mereka. Dan bukan koperasi namanya jika tidak ada partisipasi anggotanya,” cetus Arman.

arman-rumput-laut

Kospermindo memang tidak ikut latah mendirikan unit usaha simpan pinjam seperti umumnya usahautama koperasi. Melalui Kospermindo, Arman ingin membangun posisi tawar petani   rumput laut melalui pola kemitraan  dengan investor, sehingga  terjadi peningkatan nilai tambah ekonomi petani.  Untuk meningkatkan nilai tambah petani, yang tak hanya menjual produk baku,  Armanmenjajaki  industri pengolahan rumput laut yang menghasilkan makanan siap konsumsi. Lewat perjalanan cukup panjang Arman boleh dibilang mampu menginspirasibanyak pihak bahwa rumput laut  tidak hanya  pangan alternatif  yang menggugah selera, tetapi juga  bermanfaat bagi kesehatan tubuh. (Irsyad Muchtar)

Share This:

Next Post

Generasi Kedua Dapur Sunda

Sel Des 6 , 2016
Kebersamaan di antara anggota keluarga menjadi kunci mempertahankan usaha yang sudah berjalan selama 30 tahun. Dapur Sunda menjadi salah satu role model terbaik dalam mengelola bisnis restoran keluarga. Rumah Makan Dapur Sunda termasuk restoran yang populer di masyarakat, terutama di kelas menengah atas. Restoran yang didirikan pada 1986 oleh Ansoroeddin […]