Berharap Biofuel dari Limbah Sawit

INI berita bagus. Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyebut Indonesia kini mulai melakukan uji coba yang kreatif. Yaitu menghasilkan bahan bakar minyak dari limbah kelapa sawit. Jika uji coba ini berhasil, Indonesia berpotensi menghasilkan 3 juta kiloliter biofuel per tahun. Hal itu dikatakan seusai acara serah terima hibah kendaraan listrik dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC) di kantor pusat Kementerian Perindustrian, Jakarta, Senin (26/2)

Riset mengenai bahan bakar minyak dari kelapa sawit sebelumnya sudah dilakukan oleh Tsukuba University, yang bekerja sama dengan lembaga riset di Jerman. Para peneliti berhasil mengekstraksi air dari limbah kelapa sawit menjadi bahan bakar. “Profesor yang melakukan riset dari Tsukuba University sudah bertemu dengan Kemenperin. Kita juga sudah buat pabrik percobaan di Batam,” sebut Airlangga.

Teknologi yang digunakan untuk mengekstraksi limbah sawit jadi minyak tersebut memanfaatkan alga. Minyak itu sendiri pada dasarnya adalah alga yang tersimpan selama ratusan tahun di perut bumi. Jika pengembangan biofuel ini berhasil, masalah serius nasional di bidang enerigi bisa tertanggulangi. Indonesia yang kini net importer akan memiliki cadangan BBM baru dalam jumlah besar. Semoga.

Lolla L. Sondra

Dayeuh Kolot, Bandung

Share This: