Beberapa Contoh, Simpel Tapi Kurang Tergarap

1

wirausaha

Tak harus yang berkelas kakap, ide bisnis kreatif bisa diejawantahkan melalui hal-hal sepele. Entah barang bekas, pengayaan motif produk, entah penggunaan energi alternatif.

 

Sebenarnya ada beberapa ide bisnis kreatif yang jarang dikerjakan orang tapi mudah dijalankan. Untuk ini pasti menuntut kreatifitas dan keahlian yang tinggi. Di tangan orang kreatif, hal yang tidak berguna bisa dijadikan barang berharga dan bernilai tinggi. Seperti yang dilakukan Hendri Payakumbuh, yang sukses mengelola bisnis kerajinan dari cangkang telur.

  1. Mainan Bekas Minuman Kaleng

Kaleng bekas minuman umumnya dibuang begitu saja setelah diminum. Orang-orang yang jeli bisa memanfaatkan sampah kaleng bekas minuman tersebut sebagai sumber income. Kata kuncinya adalah sentuhan kreativitas. Banyak tangan terampil mampu mengubah kaleng bekas minuman menjadi berbagai bentuk mainan. Di antaranya, jadi mobil-mobilan, motor, pesawat terbang, kapal laut, kamera, orang-orangan, robot.

  1. Pengecatan Air Brush

Air brush merupakan sebuah seni lukis menggunakan tenik seni rupa dengan memanfaatkan tekanan udara. Banyak orang membutuhkan jasa pengecatan air brush karena hasilnya yang sangat bagus. Banyak hal yang bisa dikerjakan pada usaha pengecatan air brush ini.  Umpamanya, motor, mobil, helm, alat-alat rumah tangga, baju. Prospek usaha air brush ini sangat menggiurkan, mengingat hanya sedikit sekali orang yang mempunyai keahlian seni rupa.
3. Flip Cover Tablet Motif Batik

Saat ini tablet bukan lah barang yang mewah, bukan lah barang yang istimewa karena sudah umum digunakan. Sampai-sampai anak-anak pun sudah bisa menggunakan tablet. Ini jelas merupakan peluang usaha kreatif. Tawarkan misalnya flip cover tablet dengan motif batik. Prospek usaha jualan flip cover batik ini amat menggiurkan. Selain jarang dibuat, motif batik di Indonesia sangat kaya.

  1. Kompor Non-Minyak Bumi

Harga bahan bakar minyak (BBM) dan gas kita tidaklah murah. Di Cina, aneh tapi nyata, gas yang mereka impor dari Indonesia bahkan dibeli konsumen dengan harga yang lebih murah. Imbas langsungnya, para ibu rumah tangga dari masyarakat kalangan menengah ke bawah menjerit.

Bagi anda yang kreatif, ini menghasilkan kompor dengan bahan bakar non minyak bumi jadi tantangan menarik. Misalnya, kompor dengan bahan bakar minyak nabati atau bahan bakar lainnya. Dari bahan dan cara mengolahnya saja (karena bukan ditambang dan memerlukan teknologi tinggi) sudah jelas harga produknya lebih ekonomis.

Kompor bahan bakar minyak nabati banyak sekali manfaatnya, di samping kualitas api yang dihasilkannya tidak kalah bagus dibanding bahan bakar elpiji. Prospek usaha kompor bahan bakar minyak nabati/bahan bakar non-minyak bumi ini sangat menjanjikan. Ide bisnis kreatif ini tidak sulit. Bisa dijalankan oleh siapa pun. Khususnya jika beberapa orang dengan ide yang sama mau bekerja sama.

Jika anda serius memikirkan berbagai ide bisnis kreatif seperti contoh di atas, anda memiliki berbagai keuntungan. Mulai dari kebutuhan modal yang relatif kecil, proses pemasaran mudah, tidak harus menyewa toko. Satu hal, sebelum memulai usaha apa pun, tetap perlu perhitungan yang cermat, matang dan menyeluruh.●(dd)

Share This:

One thought on “Beberapa Contoh, Simpel Tapi Kurang Tergarap

Comments are closed.

Next Post

Cara Menciptakan Ide Bisnis Kreatif

Kam Okt 6 , 2016
Dari sebuah ide bisnis kreatif bisa lahir kerajaan bisnis kelas dunia. Tak mudah menemukannya, tapi bukan berarti tak mungkin. Anda layak memahami konsep dasarnya. Ide bisnis kreatif memang sulit ditemukan, karena harganya sangat mahal. Anda tidak akan mendapatkan informasi ini melalui Google. Seseorang yang mempunyai ide bisnis kreatif mustahil mau […]