Bakso Tahu Ci  Embhul,  Inspirasi  dari Buah Hati   

 

Isrofiani Yani dan Produk Tahu Bakso Ci Embhulnya-Foto: Dokumentasi Pribadi.

DEPOK—-Setelah mempunyai anak kedua Isrofiani Yani memutuskan untuk bekerja sebagai karyawati sebuah rumah sakit bersalin. Alumni Psikologi Universitas Negeri Malang ini kemudian mengembangkan  usaha kuliner tahu bakso dengan brand Ci Embhul.

Inspirasinya datang dari kegemaran suami dan anaknya pada tahu bakso.  Modal awal hanya Rp300.000. Produksi awal 20 bungkus @isi 5 pcs.  Awal mula pemasaran pada teman dan tetangganya, melalui display BBM. Respon ternyata bagus.  Pada penjualan pertamaIsrofiani mendapat omzet Rp200.000

“Kami sekeluarga memang penggemar bakso. Ci Embhul  karena waktu itu anak saya badannya sehat dan gemuk, jadi dipanggil Embhul,” kata Isrofiani kepada Peluang, Sabtu (18/8/2018).

Tahu Bakso Ci Embhul menjadi sebuah UKM di kawasan Depok, sejak  April 2016.  Pembuatan tahu dan bakso dilakukan Isrofiani bersama suaminya.

“Boleh dibilang kami melakukan trial and error, modal kami hanya Bismillah, mencari informasi dari internet,  orang terkait, dan feeling,” ungkapnya.

Agar kompetitif,  Ci Embhul punya ciri khas, yaitu  tahu yang  tipis, namun isi baksonya tebal.  “Rasa bakso asli bukan basa basi.  Saya dan suami yang membuat formula resepnya,” katanya menegaskan.

Seiring dengan waktu bisnisnya berkembang.  Perempun asal Jawa Timur ini menambah varian produk yaitu pentol atau cilok daging dengan saos abang yang khas dan satu lagi produk baru yaitu siomay bakso.

Tutur Isrofiani Ci Embhul mampu melakukan produksi seminggu dua hingga tiga kali,  setiap produksi 60 bungkus tahu bakso dan 20 bungkus pentol,  27 bungkus siomay, dengan tenaga dua orang karyawan. Omzet tertinggi pernah meraup  Rp12 juta dalam sebulan.

Pemasaran melalui cara daring (online), mulai dari Facebook. Instagram, Tokopedia dan yang paling banyak pembelian dari reseller.

“Salah satu tujuan besar saya adalah saya ingin ibu-ibu yang ada di rumah juga bisa aktif bergerak berbisnis sehingga mempunyai penghasilan dan berkembang,” ucap dia.

Tahu Bakso Ci Embhul dalam kondisi siap santap-Foto: Dokumentasi Pribadi.

Rencana ke depan, dia  ingin mempunyai restoran bakso dengan konsep yang unik dan berbeda dengan warung bakso kebanyakan. “Mohon doanya ya,” pintanya (Irvan Sjafari).

Share This: