Back to Nature, Kampung Halaman

Sukses tak pernah datang menemui kita. Harus diperjuangkan dengan gigih. Di kota, peluang itu dianggap lebih terbuka. Padahal, desa pun tersedia kans yang setara, jika dilakoni sepenuh hati.

back to nature

Apa iya orang tidak bisa berkembang jika tinggal di desa? Apa iya mereka yang hijrah ke kota berkemungkinan sukses? Bukankah kemiskinan masyarakat perkotaan merupakan cermin kegagalan para petarung kampung? Bukankah memalukan (jika) datang ke kota untuk mengadu peruntungan dan kalah? Bukankah desa menyediakan keberlimpahan sumber daya alam untuk diolah secarakreatif?

Sebenarnya kesempatan untuk sukses berwirausaha tidak hanya ada di kota. Di desa/kampung kesempatan menjadi sukses juga terbuka. Tentunya semua itu butuh perjuangan, kerja keras dan keteguhan hati.

Kebanyakan orang perkotaan menganggap bahwa daerah pedesaan merupakan daerah ‘terbelakang’. Tempat yang tidak cocok untuk membangun sebuah bisnis. Ya memang, realita mengatakan bahwa kebanyakan orang pedesaan justru berbondong-bondong pergi ke kota untuk bekerja, di samping itu keadaan ekonomi di kalangan pedesaan pun cenderung sederhana.

Meski begitu, tidak menutup kemungkinan bahwa usaha kecil pun bisa sangat mendukung untuk dibangun di daerah pedesaan. Tentu ada banyak orang pedesaan yang sukses membangun sebuah usaha kecil di desa mereka. Nah, berikut ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membangun usaha dengan modal kecil?  di lingkungan pedesaan.

 

  1. Usaha pertanian/perkebunan

Jika Anda memiliki lahan pertanian yang cukup, ini akan sangat mendukung. Tidak sedikit orang desa yang makmur berbasis usaha pertanian. Jika Anda memiliki lahan luas yang dimanfaatkan untuk usaha perkebunan. Pilihan ini memang tradisional. Tapi Anda bisa memiliki keunggulan jika bisa memasukkan nilai tambah dalam proses mengupayakan lahan. Misalnya, dengan bibit unggul, pupuk, atau cara olah.

 

  1. Usaha tambak atau kolam ikan

Di daerah pedesaan juga banyak ditemukan kolam ikan atau tambak. Tidak sedikit masyarakat desa yang mampu meraih uang puluhan bahkan ratusan juga dari hasil perawatan kolam ikan dalam sekali panen. Dengan perhitungan yang cermat, baik aspek produksi maupun segi pemasaran, prospek keterlibatan di usaha ini menjanjikan keberlangsungan berjangka panjang.

 

  1. Usaha pupuk

Di desa banyak ditemui lahan pertanian, perkebunan, dan kolam ikan. Dari realita ini, usaha pupuk bisa menjadi wahana bisnis yang menguntungkan. Jika di daerah Anda mata pencaharian penduduk pada umumnya bertani, berkebun, atau mengelola kolam ikan, Anda bisa membangun usaha pupuk. Pilihan usaha ini di samping menjanjikan profit buat Anda juga bermaslahat untuk masyarakat.

 

  1. Usaha persewaan

Benar bahwa usaha persewaan di daerah pedesaan tidak lagi menjadi sesuatu yang asing saat ini. Anda pun mungkin sering menemui persewaan seperti sound system, peralatan pesta (terop, panggung, dekorasi, dan lainnya), alat panen, atau yang  lainnya.

 

  1. Usaha alat-alat elekronik

Makin tak banyak beda antara sarana hidup di masyarakat desa dan  masyarakat perkotaan. Banyak alat elektronik tersebar di daerah pedesaan. Usaha servis dan penjualan alat-alat elektronik tentu akan diminati oleh orang-orang desa. Musalnya, rental, fotokopi, servis alat-alat elektronik, warnet, termasuk penjualan pulsa.

 

Share This: