Azmah Armadhani, Menyebar Kreativitas

Azmah Ramadhani-Foto: Surplus.

SURABAYA-—Lewat Rumah Kreatif Dhona Dhani, seorang ibu rumah tangga bernama Azmah Armadhani ingin setiap orang belajar kreativitas.  Saat ini dia membuka kelas melukis di atas sepatu hingga ecoprint  utuk kerajinan.

“Mereka yang ingin belajar melukis sepatu, tinggal datang ke tempat saya Rumah Kreatif di Dukuh Setro Surabaya, saya sediakan sepatu dan kemudian melukis dengan cat sepatu sesuai keinginannya. Biaya lesnya sesuai dengan harga sepatu Rp160 ribu untuk dua kali belajar,” tutur Azmah ketika dihubungi Peluang. Selasa (7/1/20).

Selain sepatu, mereka yang ingin melukis di kerudung juga diajarkannya.  Untuk ecoprint bahkan diajarkan menggunakan bahan seperti daun setelah direbus ditempel untuk dijadikan kerajinan.

Bahkan 2020 ini, Azmah punya keinginan untuk menjadikan Rumah Kreatif-nya belajar untuk semua tingkatan. Mulai dari rekyat jelata hingga kalangan kelas menengah.

Jatuh bangun dalam kehidupan dirasakan mantan SPG Surabaya ini. Toko sepatunya terbakar pada 2007.  Ini membuat Azmah harus  memikirkan bagaimana mengembangkan usaha.Dia dan suaminya harus memikirkan cara untuk memberi makan tiga anak mereka.

Secara tak sengaja anaknya bernama Bernama Laili Romadhona melukis di sepatu kanvas yang polos menjadi inspirasinya. 

Ternyata sepatu lukis itu ditaksir  oleh Dinas Perdagangan dan Industri Kota Surabaya.  Azmah didorong untuk mendirikan usaha itu pada 2009. Modal usahanya dari gaji SPG-nya sebesar Rp400 ribu.

Usaha dengan brand Dhona Dhani Kingdom ini mencapai puncaknya pada 2012 dengan produksi grosiran dan karyawan tujuh.  Sepatu kanvas lukis dengan cat acrylic produksinya sempat mendatangkan omzet ratusan juta per tahun hingga 2015.

Kini  Azmah memperluas usaha kerajinannya, selain sepatu lukis juga kerajinan lain.  Semangat dan kreativitasnya yang tak pernah pupus membuat dia dianugerhai Pahlawan Ekonomi oleh Kota Surabaya pada 2011 (van).

Share This:

You may also like...