Asia Afrika Festival Ingatkan Semangat KAA 1955

Ilustrasi-Foto: Humas Kota Bandung.

BANDUNG—-Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan perhelatan Asia Afrika Festival (AAF) 2019 menjunjung  tinggi nilai-nilai  yang digelorakan Konferensi Asia Afrika (KAA)  pada 1955 yang silam.

Dikatakannya AAF sekaligus jadi momentum penggalangan dukungan untuk Palestina. Pernyataan sikap bersama itu menjadi penguat bahwa bangsa di Asia dan Afrika telah memberikan dorongan moral bagi perjuangan untuk kemerdekaan Palestina.

“Esensi peringatan KAA merupakan pengingat bahwa perjuangan bangsa harus terus digelorakan dalam menciptakan kehidupan yang lebih baik. Bukan semata berkenaan dengan penjajahan, tetapi guna menghadapi tantangan perkembangan zaman yang tetap harus diimbangi dengan nilai kemanusiaan,” ujar Oded dalam sambutannya, Sabtu (29/6).

Acara yang digelar pada 28 hingga 30 Juni diikuti oleh sembilan belas perwakilan negara seperti,  Jepang, Maroko, Tunisia, Sudan, Aljazair, Ethiopia, Irak, Palestina, Mozambik , Zimbabwe, Nigeria, Myanmar, Libia, Laos, Afganistan, Kuait, Mesir dan Afrika Selatan. Para delegasi negara-negara tersebut hadir dalam pembukaan.

Mereka mengikuti aksi “Solidarity Walk” sebagai bentuk dukungan negara Asia Afrika untuk kemerdekaan Palestina.  berjalan dari Pendopo Kota Bandung menuju Palestina Walk dari yang lokasinya berdekatan dengan monumen bola dunia di Jalan Asia Afrika.

Di lokasi tersebut, para delegasi bersama Oded menerbangkan burung merpati putih yang menjadi simbol kebebasan untuk Palestina.

Setelah itu, rombongan delegasi dari negara sahabat berjalan menuju Museum Asia Afrika untuk melihat sejarah Konferensi Asia Afrika.

Para tamu undangan kemudian mendapat suguhan budaya yang dibalut dalam kegiatan karanval. Berbagai seni budaya tradisional khas Jawa Barat dan Indonesia seperti tarian, musik, dan tradisi lainnya menjadi tontonan menarik.

Staf Ahli Kementrian Pariwisata Esthy Reko Astuti mengapresiasi AAF 2019 yang menjadi simbol kepedulian Pemkot Bandung bersama warganya terhadap perdamaian dunia.

Share This:

You may also like...