Asah Pikiran Bisnis Kreatif-Inovatif

Pasar tidak membutuhkan produk atau jasa anda. Pasar hanya membutuhkan solusi dan manfaat. Untuk itu, seorang pebisnis harus inovatif, yaitu menciptakan produk dan jasa yang diterima oleh masyarakat (pasar).

SEORANG pebisnis harus mengetahui cara berpikir kreatif dan inovatif. Mengapa? Sebab, maju mundurnya bisnis sangat tergantung kreativitas. Bisa jadi, sebuah bisnis saat ini maju dan lancar sampai tahap tertentu. Ketika bisnis stagnan akibat berbagai perubahan eksternal, anda harus mengubah cara menjalankan bisnis dan menghasilkan produk atau jasa baru sesuai dengan perkembangan pasar.

Pasar tidak membutuhkan produk atau jasa anda. Pasar hanya membutuhkan solusi dan manfaat. Untuk itu, seorang pebisnis harus inovatif, yaitu menciptakan produk dan jasa yang diterima oleh masyarakat (pasar). Inovasi tidak selalu harus yang wah, tetapi sejauh mana produk atau jasa anda bermanfaat untuk sebanyak mungkin orang.

Hubungan kreativitas dan inovasi sangat jelas. Inovasi diawali dari sebuah ide, lalu mengubah ide itu menjadi sesuatu yang bermanfaat. Nah, ide itu buah kreativitas. Lalu bagaimana cara berpikir kreatif?

  1. Teknik SKAMPERR. Yaitu teknik men-Subtitusi, Kombinasi, Adaptasi, Memperbesar, Penggunaan lain, Eliminasi, Re-arrange (mengatur ulang), dan Reverse (kebalikan).
  2. Asosiasi. Yatu menghubungkan satu hal dengan hal lain dan akan menghasilkan ide baru.
  3. Meminjam pikiran orang. Gunakan cara pandang dan wawasan orang lain untuk menghasilkan ide yang tak terpikirkan oleh kita.
  4. Membelokkan asumsi. Ini adalah teknik dimana kita akan melepaskan diri dari kungkungan berpikir.
  5. Intuisi. Mendapatkan ide dengan indera keenam anda.

Bagaimana cara cepat untuk mampu berpikir kreatif? Kreativitas itu adalah sebuah skill atau kemampuan. Harus berlatih dan membiasakan diri.

Pada dasarnya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif adalah dengan memperbaiki mental dan kemampuan teknik. Keduanya sangat penting. Jika hanya mempelajari masalah teknis, tetapi mental masih belum kreatif, maka kreativitas anda akan terhambat. Sebaliknya, orang yang sudah bermental kreatif, tidak mengetahui tekniknya, hasilnya akan kurang optimal juga.

Langkah pertama, anda harus mengetahui cara mengatasi hambatan berpikir kreatif. Penghambat utama berpikir kreatif adalah tidak mau menerima sesuatu yang baru dan aneh. Ingat, berpikir kreatif adalah menghasilkan sesuatu yang baru, jika anda tidak mau menerima yang baru, ide-ide hebat tak akan pernah muncul. Maka, jika anda ingin lebih kreatif, bukalah diri.

  1. Gunakan teknik-teknik berpikir kreatif yang anda pelajari di ebook. Semakin dilatih, anda akan semakin kreatif. Bahkan anda bisa berpikir kreatif secara otomatis tanpa menggunakan urutan teknis.
  2. Mau membuka diri terhadap pendapat orang lain. Bacalah buku, ikuti seminar, bicara dengan orang lain, tanyalah orang lain, dan sebagainya.
  3. Pergilah ke tempat yang belum pernah dikunjungi agar mata anda terbuka melihat hal-hal baru.
  4. Latihlah untuk selalu terbuka terhadap ide aneh atau gila sekalipun, termasuk saat bingung terhadap ide tersebut.
  5. Belajarlah keterampilan baru, yang tidak berhubungan dengan bisnis atau pekerjaan anda.

Cara mengukur hasilnya? Mudah. Sejauh mana ide-ide kreatif dan inovatif yang anda hasilkan. Jika masih sedikit, artinya perlu diasah. Mengetahui saja tidak cukup, tetapi harus melatihnya. Kreativitas bukan ilmu, tetapi keterampilan yang perlu dilatih terus menerus. Menjadikannya kebiasaan yang melekat pada diri.‚óŹ(Nay)

Share This: