Arus Balik Lebaran 2019 Tertinggi Sepanjang Sejarah

Ilustrasi-Foto: Liputan6

JAKARTA—-Corporate Communication Departement Head PT Jasa Marga Irra Susiyanti mengungkapkan arus balik Lebaran 2019 di Jalan Tol Jakarta-Cikampek menjadi volume lalu lintas tertinggi sepanjang sejarah jalan tol di Indonesia.

“Pada H+3 Lebaran Ahad (9/6), sebanyak 166.574 kendaraan kembali ke Jakarta dari arah Timur (Surabaya, Solo, Semarang, Cirebon dan Bandung),” ujar Irra, Senin (10/6).

Menurut dia jumlah tersebut meningkat hampir tiga kali lipat dari volume lalu lintas harian rata-rata normal. Volume lalu lintas pada kondisi normal hanya sebanyak 67.345 kendaraan.

Dikatakannya, angka tersebut memecahkan rekor sebelumnya pada periode yang sama tahun lalu. Jasa Marga juga mencatat rekor tertinggi melayani volume lalu lintas saat arus balik Lebaran 2018 yaitu sebanyak 130.125 kendaraan arah ke Jakarta melintas melalui Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama.

Lalin mudik dari arah Timur merupakan kontribusi lalin arus balik di dua gerbang pengganti GT Cikarang Utama. Kedua gerbang tersebut yaitu GT Cikampek Utama untuk pemudik dari arah Jalan Tol Cikopo-Palimanan dan GT Kalihurip Utama untuk pemudik dari arah Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi.

“Lalin di GT Cikampek Utama dilintasi sebanyak 109.296 kendaraan. “Angka ini naik sebesar 309 persen dari lalu lintas harian rata-rata normal 26.705 kendaraan. Sementara GT Kalihurip Utama dengan jumlah 57.278 kendaraan naik sebesar 41 persen,” pungkas Irra.

Share This:

You may also like...