ARK Logistics & Transportation : Dukung Progam Pemerintah dalam Meningkatkan Kompetensi Logistik Nasional.

ARK logistic

ARK Logistics & Transportation membangun gudang seluas 35.000 m2 di Cibatu, Bekasi untuk menunjukan komitmennya dalam meningkatkan industri logistik dan investasi.  Menurut CEO ARK Group Abdul Rahim Tahir Indonesia merupakan salah satu pasar dengan pertumbuhan industri logistik dan transportasi yang pesat. Salah satu pemicu pertumbuhan yang signifikan ini adalah adanya pertumbuhan e-commerce yang pesat.

Mengacu pada data Frost & Sullivan, salah satu perusahaan riset terdepan dunia, Rahim mengatakan para pelaku  penyedia Jasa Logistik di Indonesia harus melakukan bisnis model baru agar tetap bisa kompetitif dan menguntungkan serta melihat tren logistik yang menggairahkan saat ini.

Masih menurut Frost & Sullivan diungkapkan Rahim,  layanan potensial di tahun 2016 yang harus menjadi fokus adalah Penyedia Jasa Layanan, termasuk pelayanan di area kargo udara (air cargo), pergudangan (warehousing), multi-modal movement, and E-commerce.

“Melihat dan mengikuti tren logistik saat ini, ARK fokus menggarap logistik di bidang FMCG, Manufaktur, Otomotif dan elektronik. Sehingga ke depannya  dapat berkembang lebih baik lagi serta mengimplementasikan langkah-langkah yang mendukung pemerintah untuk meningkatkan kualitas persaingan di industri logistik dan rantai pasokan nasional,” tutur Rahim

Pada kesempatan yang sama, ARK Logistics & Transportation juga mengumumkan investasi sebesar USD 50 juta  di bidang teknologi, warehouse network, dan ekspansi armada transportasi. Tujuan investasi pengembangan perusahaan lima tahun ke depan  itu adalah sebagai kontribusi untuk memacu pertumbuhan ekonomi nasional, peluang kerja di Indonesia serta mendorong infrastruktur logistik dan hubungan antar modal yang modern.

Seperti diketahui, target Indonesia untuk mengurangi biaya logistik di bawah 20% dari total GDP pada tahun 2019, saat ini telah mencapai 24% dari total PDB atau senilai Rp 1.820 triliun per tahun. “Melalui investasi yang dilakukan ARK hari ini, diharapkan  dapat berperan-serta aktif dalam mengurangi biaya logistik tersebut, serta sebagai dukungan ARK terhadap pemerintah. Potensi pertumbuhan ekonomi dan pasar yang besar di Indonesia meyakinkan ARK untuk menjadi salah satu pemain lokal terdepan di industri logistik dan transportasi Indonesia yang patut diperhitungkan.

“Partisipasi aktif ARK akan meningkatkan kualitas layanan logistik, mengurangi dwelling time dalam mengimpor barang-barang dan mengurangi biaya transportasi di Indonesia,” pungkas  Rahim mengakhiri paparannya.

 

Tentang ARK Logistics & Transportation

ARK memulai usahanya pada tahun 2010 sebagai PT ARK Logistics & Transportation yang didirikan di Indonesia. Tradisi kepemimpinan ARK dimulai dengan layanan truknya, dan telah berkembang menjadi industri terkemuka 3PL dengan berbagas jenis layanan sourcing, transportasi dan jasa logistik yang komprehensif. Tantangan yang berkelanjutan dari industri supply chain menginspirasi ARK untuk berinovasi dan mencari ide-ide baru yang menantang standard layanan saat ini dan melebihi layanan logistik tradisional. Kolaborasi ARK dengan pelanggan, penyedia jasa angkutan, dan pemasok adalah contoh dari pendekatan yang berpikir ke depan tersebut, karena ARK percaya pihak-pihak tersebut layak mendapatkan yang terbaik dari 3PL mereka. Hal ini sejalan dengan visi ARK untuk memperbaiki kehidupan melalui pengiriman yang handal. (Novia HS)

Share This: