Harga Daging Sapi Terus Melambung Pengusaha Bakso Gunakan Ikan Laut

Semarang-Langkah pengusaha dari dulu tidak ada matinya. Inovasi selalu terjadi dan diversivikasi produk akan terus berjalan mengikuti selera maupun kemampuan konsumen. Seperti saat ini misalnya harga daging sapi yang melambung, terlebih menjelang puasa dan Idul Fitri, diyakini harganya tidak bakal turun tetapi sebaliknya akan naik lagi. Melihat situasi tersebut tetapi para pegusaha bakso tidak ambil pusing.

Harga daging sapi boleh meroket tetapi usaha mereka di bidang perbaksoan tidak boleh kolaps. Sebaliknya terus tumbuh dan tetap mensuplai kebutuhan kuliner khas itu pada msyarakat. Apalagi tidak ada monopoli hanya daging sapi yang bisa dibuat bakso. Masih ada daging ayam dan juga ikan.

Paling tidak para pedagang bakso di Jawa Tengah yang tergabung dalam Asosiasi Pedagang Mi dan Bakso (Apmiso) berinisiatif mencari penggati daging sapi untuk bahan baku baksonya. Kini tengah mencoba ikan laut sebagai bahan baku. Untuk upaya besarnya ini asosiasi akan melakukan peluncuran produk bakso berbahan ikan pada 13 Mei, bertempat di Kantor Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Tengah. Demikian diungkapkan Lasiman Ketua Apmiso Jawa Tengah, di Semarang, Senin (9/5).

Dia menambahkan nantinya untuk terus pengenalan produknya pada masyarakat akan dilakukan di instansi-instansi lain. Optimisme produk bakso non daging sapi ini segera diterima masyarakat pun tinggi. Mengingat panganan bakso sudah cukup familier sebagai kuliner tidak berat ini, baik di dalam maupun luar negeri. Hanya namanya yang beda, seperti di luar negeri menggunakan bahasa Inggris dengan sebutan meat ball.

Bila varian bakso ini berhasil digemari masyarakat imbuh Lasiman, berarti tidak hanya berpatok pada daging sapi dan ayam saja tetapi ada ikan laut yang melimpah. Bahkan menjadi pangsa pasar baru bagi nelayan menjual hasil tangkapannya.

“Idealnya kami menjual bakso satu porsi Rp 12.000, tetapi faktanya masih Rp 10.000 semangkok. Padahal saat ini daging sapi harganya sekitar Rp110.000 per kg. Nah, kalau pakai ikan laut harganya bisa lebih murah,” ujarnya.

Ikan laut yang akan digunakan untuk membuat bakso adalah jenis tengiri, tongkol, bandeng dan tuna. Untuk ketersediaan bahan bakunya akan disuplai para nelayan di Jawa Tengah. Mereka yang telah siap adalah nelayan di Kabupaten Rembang. Saw/Dbs.

Share This: