Anugerah Bhakti Koperasi Untuk Pencetus RAT Elektronik

Iwan dipandang sebagai salah satu praktisi koperasi yang berjasa dalam mengembangkan kemajuan perkoperasian di Indonesia.

KSP Sejahtera Bersama merupakan salah satu koperasi besar yang inovatif dan memiliki pandangan visioner. Ambil contoh, saat koperasi lain masih menyelenggarakan RAT secara konvensional, koperasi yang berkantor pusat di kota Bogor Jawa Barat ini sudah menggelar RAT elektronik (e-RAT).  Ide e-RAT ini kemudian bergulir menjadi wacana umum dan besar kemungkinan akan diduplikasi oleh koperasi lain.

Pandangan visioner Koperasi yang IT minded ini sejalan dengan target Presiden Joko Widodo untuk menjadikan Indonesia sebagai Digital Energy of Asia pada 2020. Untuk itu, pemerintah sedang menggenjot agar jumlah Koperasi dan UMKM yang go online sebanyak 8 juta unit.

Perkembangan usaha KSP Sejahtera Bersama tidak terlepas dari sosok Iwan Setiawan, Ketua Pengawas. Pengalamannya selama puluhan bergelut di industri keuangan menjadi modal utama dalam memajukan usaha koperasi. Dalam pandangannya, koperasi memiliki landasan konstitusional dan modal sosial yang besar untuk berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi. Oleh karenanya, pengelolaan koperasi harus profesional, efisien dan mengedepankan tata kelola yang baik.

Peran Iwan tidak saja sebatas ikut memajukan koperasi yang didirikannya, tetapi juga terlibat mendorong kemajuan gerakan perkoperasian. Lelaki kelahiran Tanah Pasundan ini tidak segan-segan membagi pengalamannya, baik di acara seminar maupun diskusi tentang perkoperasian. Pembawaannya yang low profile dan komunikatif membuatnya mudah diterima berbagai kalangan, baik sesama praktisi koperasi maupun pihak regulator.

Atas dedikasi dan komitmennya dalam membantu pengembangan koperasi Indonesia, Iwan dianugerahi Bhakti Koperasi pada Peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-70. Penghargaan diserahkan oleh Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga

di Makassar Sulawesi Selatan.

“Mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah atas Anugerah Bhakti Koperasi yang saya terima. Penghargaan ini sekaligus pengakuan pemerintah selaku regulator kepada KSP Sejahtera Bersama atas kiprahnya dalam memajukan perkoperasian di Indonesia dan sebagai salah satu koperasi berprestasi,” ujar Iwan.

Agar usaha koperasi semakin “menggigit”, Iwan menekankan perlunya kolaborasi baik dengan sesama koperasi, maupun lembaga keuangan lain dan pemerintah. Kesadaran ini penting disuarakan di tengah ancaman disrupsi akibat kemajuan teknologi digital.

Untuk meningkatkan daya saing, setiap koperasi perlu mengimplementasikan teknologi digital agar proses bisnisnya menjadi lebih efisien. Teknologi juga dapat mendorong transparansi sebagai salah satu tata kelola koperasi yang modern.   (Drajat)

Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *