Alumni Unpad Inisiasi Pendirian Koperasi Produsen Alumni Indonesia

Ilustrasi-Foto: Fajar.

JAKARTA—-Sejumlah alumni Universitas Padjadjaran dengan inisiatornya Ary Zulfikar mendirikan Koperasi Produsen Alumni Indonesia. Akta pendirian ditandatangani di Jakarta pada 20 Mei 2020. Koperasi ini bertujuan memayungi para pelaku UMKM di seluruh Indonesia.

Ary Zulfikar mengatakan, dirinya menemukan potensi-potensi UMKM yang dilakukan kalangan alumni. Namun ia melihat usaha tersebut baru sebatas membuat produk, belum ada brand, legal nya dan sebagainya.

Calon Presiden Alumni Unpad menemukan potensi alumni ketika melakukan sosialisasi. Kemudian dia terpikir  untuk mengelola UMKM.

“Adanya koperasi ini membantu memasarkan dan membuat jaringan agar produk-produk alumni semakin tersebar luas,” ujar Ary Zulfikar dalam keterangan tertulisnya.  

Direktur Eksektif Hukum, LPS  ini menggagas alumni ID untuk mendata produk-produk UMKM, diluar dugaan ternyata respon dari kalangan pelaku usaha UMKM sangat positif.

“Hanya dalam waktu dua bulan sudah terdata sekitar 200 produk UMKM hanya dari alumni, produk tersebut bisa dilihat di instagram alumni,” ungkap Ary.

Ary sangat optimis, terbentuknya koperasi produsen alumni Indonesia ini akan berhasil. Karena potensi dan peluang untuk berkembang sangat besar.

“Tinggal nanti Koperasi melakukan pemilahan terhadap produk-produk yang homogen, apakah memungkinkan untuk dibuat satu merek tersendiri yang akan dikelola oleh koperasi,” kata Ary.

Sementara pihakKementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) mengapresiasi langkah  pembentukan Koperasi Produsen Alumni Indonesia.

Asisten Deputi Organisasi dan Badan Hukum Koperasi Deputi Bidang Kelembagaan, Kemenkop UKM Christina Agustin mengatakan,  untuk membangkitkan ekonomi yang terkena dampak covid, tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah namun juga menjadi tanggungjawab masyarakat.

“Pemerintah akan memberikan dukungan untuk mendorong semakin banyak tumbuh UMKM yang berkualitas, makin banyak produk yang akan dihasilkan, yang bisa untuk pasar dalam negeri maupun juga mancanegara,” ujar Christina.

Dengan demikian ekonomi kita yang sekarang ini terdampak Covid-19 akan semakin cepat untuk pulih. Sektor UMKM ini menjadi pendorong dalam membangkitkan perekonomian nasional.

Caranya dengan menampilkan produk-produk unggulan UMKM di masing-masing daerah yang menopang ekonomi lokal di daerahnya masing-masing.

“Koperasi bisa membantu anggotanya untuk mendapatkan fasilitas-fasilitas terkait kebutuhan bahan baku, brand, packaging, pemasaran dan networking-nya,” pungkas Christina.

Share This:

You may also like...