500 Paket Sembako

Membagikan paket sembako kepada masyarakat di sekitar lingkungan kerja merupakan aktivitas rutin KSP Kodanua setiap kali tiba ramadhan.  Upaya peduli lingkungan sekaligus menerjemahkan fungsi sosial koperasi.

Ini pembagian sembako yang kesekian kali diterima perempuan paruh baya itu dari Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Kodanua, Selasa 13 Juni lalu.  Bagi Ibu Siti, demikian ibu rumah tangga itu dipanggil, aksi sosial yang digelar KSP Kodanua sangat membantu meringankan beban belanja rumah tangganya, terlebih di tengah suasana ramadhan saat ini, ketika harga-harga kebutuhan pokok mulai merayap naik.  “Tau dah, saya lupa sejak kapan menerima paket sembako dari koperasi, yang saya tau sih hampir tiap tahun kita dibagi kupon untuk menebus sembako,” ujarnya dalam dialek Betawi kental.

Berada di lingkungan padat, di bilangan Jelambar Jakarta Barat, kantor KSP Kodanua terlihat megah di antara rumah-rumah penduduk yang saling berhimpit. Kondisi itu, potret keseharian bagi koperasi masyarakat Jelambar yang sudah berusia 40 tahun ini. “Kodanua lahir dan besar di daerah ini, karenanya salah  satu program peduli sosial kita adalah membantu perbaikan lingkungan melalui berbagai aktivitas, salah satunya adalah pembagian Sembako Ramadhan,” kata Ketua KSP Kodanua HR Soepriyono di sela acara penyerahan 500 paket sembako untuk warga RW05 dan RW 011 Kelurahan Jelambar Jakarta Barat. Hadir pada kesempatan itu Lurah Jelambar, Ambari.

Kendati beroperasi di lingkungan padat jauh dan dari komersial, namun dalam 40 tahun kiprahnya, KSP Kodanua mampu membuktikan kinerja unggulnya sebagai koperasi berpengaruh di tingkat nasional.  Sayap bisnisnya melebar di empat provinsi dengan 22 cabang tersebar di sejumlah kota. Sedangkan asetnya tercatat mencapai Rp 152 miliar per tahun buku 2016.

“Kami ingin berbagi sukses dengan masyarakat di mana kami tinggal dan sekaligus mohon doa nya agar koperasi ini  tetap lurus dan sukses dalam menjalankan usahanya,” tutur Soepriyono.  Tradisi sembako ramadhan di koperasi ini, lanjut dia,  telah bergulir sejak tahun 1998, yang kala itu perekonomian masyarakat tengah dilanda krisis ekonomi parah.

Sementara itu, Lurah Jelambar Ambari dalam sambutannya memberikan apresiasi tinggi kepada KSP Kodanua yang tidak pernah absen menggelar paker sembako ramadhan.  Menurut dia,  program ini telah berhasil merajut interaksi sosial antara  Kodanua dengan masyarakat sekitar. “Ini  merupakan modal sosial yang sangat kuat bagi KSP Kodanua, karena keberadaannya tidak saja bermanfaat secara ekonomi tetapi juga jadi kebanggaan lingkungan,” ujarnya.  (Ira)

Share This:

You may also like...