5 Hobi yang Mencerdaskan

BERAGAM kegiatan positif dan hobi dapat mengembangkan kemampuan otak. Hobi yang menyenangkan juga dapat berpengaruh dan mengasah kecerdasan. Berikut 5 hobi yang membantu membuat otak Anda lebih pintar seperti dikutip dari situs Lifehack.

  1. Bermain alat musik. “Musik menghasilkan jenis kenikmatan yang membuat manusia tidak bisa hidup tanpanya,”kata Confusius. Musik memiliki kekuatan menggali emosi yang kompleks dalam berbagai keadaan psikologis. Berbagai peneliti menunjukkan, mendengarkan musik dan memainkan alat musik meningkatkan kapasitas memori. Memainkan alat musik juga mengajarkan Anda kesabaran dan ketekunan. Belajar memainkan alat musikbutuh waktu dan keteunan. Hal ini juga akan mempertajam konsentrasi Anda.
  2. Menuliskan perasaan Anda. Ada banyak manfaat yang dapat Anda rasakan dari menulis, tak kecuali meningkatkan kecerdasan. Menulis meningkatkan kemampuan linguistik, di samping membantu Anda mengembangkan keterampilan, fokus, kreativitas, imajinasi, dan pemahaman. Penulis sering dianggap sebagai orang yang memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi. Anda dapat menulis dengan cara yang berbeda. Saat menulis sebenarnya Anda belajar mengekspresikan diri dengan jelas sambil meningkatkan kecerdasan Anda.
  3. Perjalanan ke tempat-tempat baru. Perjalanan ke tempat asing dapat melatih fisik, mental, dan menghilangkan stres. Ketika pikiran segar kembali usai melakukan perjalanan, Anda lebih bisa fokus pada segala hal yang harus Anda urus dan selesaikan. Perjalanan ke tempat asing memungkinkan Anda akan mengalami beragam pengalaman baru dan berharga. Dari situ, berbagai ide baru pun akan bermunculan.
  4. Memasak berbagai jenis makanan. Hobi memasak mungkindianggap membuang-buang waktu. Padahal, seorang koki memiliki tingkat kreativitas yang tinggi. Setiap kali Anda memasak sesuatu, Anda belajar multitask, mengukur dengan presisi, dan membuat sebuah keputusan yang cepat.
  5. Mempelajari bahasa baru. Hobi mengenal dan mempelajari bahasa baru tidak selalu mudah.Tapipasti memiliki banyak keuntungan yang positif meningkatkan kecerdasan otak. Ini juga telah dibuktikan melalui berbagai percobaan.Orang dengan tingkat kecerdasan verbal linguistik yang tinggi akan lebih cekatan dalam mengambil keputusan dan pemecahan masalah.●(dd)

Share This:

Next Post

Sunyi Inspiratif di NusaTerpencil

Sen Sep 11 , 2017
Nusantarapunya begitu banyak destinasi layak kunjung. Sebagian di antaranya mendunia dan populer di kalangan wisman. Yang ‘belum resmi’ tak kalah banyak. Pulau-pulau kecil nan memukau. Wahana relaksasi nan virgin, murni alami. BANYAK tempat wisata yang belum terjamah di Nusantara. Indahnya alam Indonesia tersebar di mana-mana.Tidak hanya di kalangan masyarakat lokal, […]