25 Juta Lapangan Pekerjaan Terhenti

BERAPA kerugian ekonomi akibat corona? Pertanyaan saya dijawab PBB. Badan dunia itu memproyeksikan pendapatan buruh di tingkatan global senilai US$860 miliar sampai US$3,4 triliun kemungkinan hilang. Sekitar 25 juta lapangan kerja di seluruh dunia berhenti sementara.

Laporan dari Organisasi Buruh Internasional (ILO) itu dirangkum dalam laporan terbaru PBB. “Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), wiraswasta, dan para pekerja harian jadi kelompok yang terdampak paling parah,” tulis laporan tersebut. Sejumlah sektor usaha terpuruk, di antaranya transportasi, ritel, pariwisata dan hiburan. Proyeksi pertumbuhan ekonomi global pun pastinya ikut terdampak.

Konferensi PBB untuk Perdagangan dan Pembangunan (UNCTAD) memperkirakan dana investasi asing langsung di tingkat dunia turun 30 persen sampai 40 persen. Organisasi Pariwisata Dunia PBB (UNWTO) mencatat penurunan kunjungan wisatawan di tingkat global mencapai 20-30 persen. Senada dengan itu, Dana Moneter Internasional (IMF) yang menyebut dunia kemungkinan akan menghadapi resesi ekonomi yang lebih parah dari krisis keuangan 2009.‚óŹ

Daeng Parichu

Bogor, Jawa Barat

Share This: