2019,  Gaji ASN dan Pensiunan Naik 5 Persen

Ilustrasi-Foto: Qerja

LAMPUNG—-Presiden Joko Widodo mengungkapkan,gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) dipastikan akan naik pada April 2019 rata-rata lima persen.  Aturan kenaikan gaji hak ASN  saat ini tengah difinalisasi.

“Peraturan Pemerintah  sedang disiapkan. Awal April sudah diberikan, dirapel. Plus Gaji ke-13 di bulan berikutnya menjelang lebaran,” kata Jokowi saat meresmikan Jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni – Terbanggi Besar, Lampung Selatan, Jumat (8/3/2019).

Dengan demikian sejak Januari 2019, ASN sudah menerima kenaikan gaji secara otomatis rata-rata 5%. Namun, karena aturan belum diteken, maka kenaikan gaji belum dibayarkan kepada para PNS.

Menurut  Jokowi saat ini bendahara negara pun menyiapkan alokasi anggaran sekitar Rp215 triliun untuk membayar gaji PNS dan pensiunan, yang mencakup kenaikan gaji rata-rata 5%, pembayaran gaji ke-13, dan penyaluran THR tahun depan.

Saat menyampaikan keterangan pemerintah atas Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang APBN 2019 beserta Nota Keuangan di gedung parlemen, Jokowi pernah mengungkap alasannya menaikkan gaji PNS.

“Ini bagian dari percepatan pelaksanaan reformasi di 86 kementerian dan lembaga untuk memberikan pelayanan publik yang lebih baik dan transparan,” ungkap Jokowi pertengahan tahun lalu.

Sebagai informasi, berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 30/2015 tentang Perubahan Ketujuh Belas Atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977 tentang Peraturan Gaji PNS, gaji pokok abdi negara berada kini pada kisaran Rp 1.486.000 sampai dengan Rp5.620.000.

 

 

Share This:

You may also like...