Didukung Layanan Digital Kinerja KSP SB Melonjak


KSP SB semakin produktif dan semakin dipercaya oleh anggota dan masyarakat. Hal itu berkat inovasi layanan yang didukung implementasi teknologi digital.

INVESTASI besar yang telah digelontorkan KSP SB untuk menyediakan layanan digital tidak sia-sia Buktinya, kinerja operasional dan keuangan melonjak signifikan sepanjang 2018. Selain itu, anggota pun semakin nyaman bertransaksi dan kepercayaan masyarakat semakin tumbuh.

Vini Noviani, Ketua Pengurus KSP SB mengatakan pada 2018 kinerja koperasi semakin bertumbuh baik dalam aspek operasional maupun finansial. Hal itu salah satunya didukung dari layanan digital dan kerja keras para mitra pemasaran KSP SB. “Alhamdulilah, berkat dukungan anggota kinerja Kami terus bertumbuh,” ujar Vini di sela acara “Sosialisasi Hasil RAT Tertulis Secara Online Melalui Aplikasi Tahun Buku 2018” di Bogor, 30 Maret 2019.

Per 31 Desember 2018, total aset KSP SB sebesar Rp2,56 triliun, tumbuh 20,68% atau Rp440 miliar dibanding tahun sebelumnya. Pembiayaan yang disalurkan (PYD) sebesar Rp1,52 triliun, naik Rp409 miliar atau 36,63% dari 2017. PYD ini berasal dari Simpanan anggota yang mencapai Rp2,50 triliun. Total ekuitas mencapai Rp45,03 miliar, naik Rp3,80 miliar atau 9,22% dibanding tahun sebelumnya.

Adapun total SHU sebelum pajak sebesar Rp690 juta, tumbuh Rp89 juta atau 14,92% dibanding 2017. Peningkatan SHU itu diikuti dengan semakin membaiknya rasio-rasio keuangan seperti rasio likuiditas sebesar 93,54%, rasio solvabilitas 101,78%, rasio rentabilitas seperti ROA 0,02% dan ROE 1,53%. Selain itu, rasio pembiayaan bermasalah terjada dengan NPL sebesar 2,36%.

Sejalan dengan lonjakan kinerja finansial, jumlah anggota pun bertambang sebanyak 19.625 orang menjadi 142.813 orang. Sementara jumlah karyawan sebanyak 863 orang yang terdiri dari karyawan tetap dan karyawan kontrak. Jumlah kantor cabang sebanyak 97 kantor, naik dari 2017 sebanyak 75 kantor.

Vini menambahkan, layanan digital yang pada tahun lalu baru dikenalkan untuk karyawan saja mendapat respons yang sangat baik. Dalam rentang 6 bulan (Juni-Desember 2018), perkembangan Piko SB yaitu jumlah total download lebih dari 10.000 kali, jumlah user aktif 578 user, jumlah total peminjam 475 anggota dengan nominal pinjaman sebesar Rp1.041.748.183. “Meski aplikasi Piko SB baru dikenalkan sebatas internal karyawan pada tahun lalu, namun responsnya sangat positif dan tahun ini aplikasi sudah menyasar anggota,” ujar Vini. Pada kesempatan yang sama, Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga mengaku sangat bangga dengan inovasi digital dan pencapaian yang diraih KSP SB. Digitalisasi merupakan salah satu hal yang ditekankan oleh Pemerintah. Sejak awal menjabat Menkop dan UKM, kata Menkop, ia sudah menyampaikan tiga langkah Reformasi Total Koperasi yaitu Reorientasi, Rehabilitasi, dan Pengembangan. “Digitalisasi dengan penyelenggaraan RAT tertulis secara online dan peluncuran produk serta layanan digital seperti yang dilakukan KSP SB sejalan dengan arahan Pemerintah,” ungkap Menkop Puspayoga.

Lebih lanjut Menkop mengatakan, peran yang dijalankan KSP SB sangat membantu program pemerintah baik dalam penyerapan tenaga kerja, penyaluran pembiayaan untuk usaha produktif dan pendampingan pelaku usaha UMKM. Oleh karenanya, ia meminta kepada Dinas Koperasi Bogor untuk membina koperasi-koperasi lain di kota hujan tersebut agar mengikuti jejak langkah KSP SB. “Semakin banyak koperasi yang seperti KSP SB maka akan semakin membantu Pemerintah dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat,” pungkasnya.

BERIKAN APRESIASI PADA KANTOR CABANG BERPRESTASI

Kantor Cabang merupakan ujung tombak KSP Sejahtera Bersama dalam melakukan penghimpunan dan menyalurkan dana. Para mitra pemasaran simpanan dan pinjaman bergerak sesuai regional yang ditentukan untuk meyakinkan calon anggota menabung di KSP SB.

Sejalan dengan semakin dipercayanya KSP SB oleh anggota dan masyarakat, jumlah mitra pemasaran terus meningkat. Pada 2018, jumlahnya sebanyak 10.488 orang, tumbuh 26,88% dibanding 2017 sebanyak 8.266 mitra pemasaran. Kinerjanya pun semakin membaik yang dibuktikan dengan naiknya jumlah simpanan dan pinjaman di 2018.

Atas dedikasi dan kinerjanya, KSP SB memberikan apresiasi setiap tahun kepada para kantor cabang berprestasi. Hal itu bertujuan untuk semakin memotivasi sekaligus memberikan inspirasi positif bagi kantor cabang. Bertempat di Puri Bengawan Ballroom Bogor, para mitra simpanan dan pinjaman berprestasi diapresiasi dalam acara Malam Penghargaan Untuk Mitra Pemasaran Beprestasi “General Meeting – The Strage of Glowing Stars”.  (Kur)

Share This: